Tanya Jawab Anugarah Pewarta Astra 2017

Apakah itu Anugerah Pewarta Astra?
Anugerah Pewarta Astra adalah sebuah program dalam upaya mengapresiasi hasil karya tulis, baik dari kalangan wartawan maupun umum. PT Astra International Tbk kembali mengadakan Anugerah Pewarta Astra pada tahun 2017, kali ini dengan tema: "Perjalanan Penuh Inspirasi".

Apakah yang dimaksud dengan tema "Perjalanan Penuh Inspirasi"?
Sepanjang perjalanannya sejak tahun 1957, Astra senantiasa mendedikasikan karyanya untuk kemajuan bangsa Indonesia, sejalan dengan filosofi perusahaan yang tertuang dalam Catur Dharma. Dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun ke-60 Astra pada tahun 2017, tahun ini Astra mengundang masyarakat umum dan wartawan untuk mengirimkan hasil karya tulis bertema Perjalanan Penuh Inspirasi, yang menitikberatkan pada perjalanan 60 tahun Astra dalam menginspirasi negeri.

Setelah enam dekade berkiprah yang dilandasi oleh filosofi Catur Dharma, Astra telah mencoba menginspirasi Indonesia melalui produk dan layanan karya anak bangsa, sumber daya manusia yang unggul serta kontribusi sosial yang berkelanjutan bagi bangsa dan negara. Berikut penjelasan tiga strategi tersebut:

Produk dan Layanan: Tujuan bisnis Astra adalah agar dapat sejahtera bersama bangsa, yang didasarkan pada filosofi para pendiri perusahaan. Karena pelanggan adalah pemangku kepentingan utama, maka demi menghasilkan produk yang berkualitas, bisnis Astra tidak terlepas dari integrasi para pemasok yang menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan, sebagai bagian dari rantai bisnis yang ikut berperan dalam keberlanjutan bisnis yang dijalankan. Hal ini sejalan dengan butir kedua Catur Dharma, memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Insan Astra: Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aset utama yang memegang peran penting bagi pencapaian kinerja perusahaan yang baik secara berkelanjutan. Astra juga menyelenggarakan InnovAstra, yang merupakan ajang tahunan untuk menampilkan dan menghargai kemampuan berinovasi seluruh Insan Astra di tanah air. Hal tersebut menjadi wadah dalam menciptakan dan membangun budaya inovasi di dalam perusahaan, dan telah berjalan selama 33 tahun.

Kontribusi Sosial: Astra berkontribusi kepada masyarakat, lingkungan, dan bertanggung jawab kepada karyawan, dengan menciptakan keseimbangan antara kepentingan bisnis, sosial, dan lingkungan. Dengan pendekatan yang terintegrasi dari 4 pilar tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR) Astra (Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau, Astra Untuk Indonesia Kreatif), Astra berinisiatif untuk memberikan nilai tambah yang berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia. Astra juga melaksanakan SATU Indonesia Awards sebagai ajang untuk mencari pemuda-pemudi Indonesia berbakat yang memiliki semangat sejalan dengan Astra untuk senantiasa berkarya dan memberi manfaat bagi masyarakat luas.

Harapannya, masyarakat dapat menggambarkan karya nyata Astra dalam perjuangannya demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa dan negara melalui Anugerah Pewarta Astra 2017.

Siapa saja yang boleh berpartisipasi dalam Anugerah Pewarta Astra?
Lomba ini terbuka bagi semua Warga Negara Indonesia (WNI). Peserta dibagi ke dalam dua kategori yaitu, wartawan dan umum. Untuk kategori wartawan, peserta adalah Anda yang bekerja di media massa nasional atau lokal di seluruh Indonesia, baik cetak maupun online, dengan menyertakan foto kartu pers. Untuk kategori umum, peserta adalah Anda yang memiliki blog aktif dengan jumlah artikel yang sudah terbit minimal 10 artikel. Anda hanya diperbolehkan mengikuti 1 (satu) kategori lomba.

Bagaimana saya dapat berpartisipasi dalam Anugerah Pewarta Astra?
Anda dapat berpartisipasi dengan cara mendaftarkan diri sebagai anggota situs Anugerah Pewarta Astra lalu mengunggah tulisan karya Anda sendiri melalui fitur unggah.

Berapa biaya untuk mengikuti Anugerah Pewarta Astra?
Untuk berpartisipasi dalam Anugerah Pewarta Astra, Anda tidak dikenakan biaya apapun.

Bagaimana saya mengetahui bahwa saya telah berhasil registrasi?
Setelah Anda mengisi formulir pendaftaran dan menekan tombol "Daftar" atau "Daftar dengan Facebook", maka tulisan "Selamat! Anda berhasil mendaftarkan diri Anda" akan ditampilkan, dan Anda juga akan menerima konfirmasi dari Anugerah Pewarta Astra melalui e-mail.

Bagaimana cara mengunggah tulisan?
Anda dapat mengunggah setelah berhasil masuk akun Anda. Setelah Anda berhasil masuk, tombol "Unggah" akan muncul di profil Anda pada bagian atas, lalu Anda dapat mengunggah foto Anda di halaman itu.

Apa kriteria tulisan yang diikutsertakan dalam Anugerah Pewarta Astra?
Tulisan mengangkat kegiatan kontribusi Astra untuk bangsa baik dalam bidang produk & layanan, sumber daya manusia serta kontribusi sosial yang berkelanjutan bagi bangsa dan negara seperti dijelaskan pada bagian ‘Tema’. Tulisan tidak mengandung unsur kekerasan, politik, pornografi, penghinaan ataupun pelecehan terhadap SARA dan latar belakang lainnya yang bersifat pribadi.

Apakah ada periode waktu tertentu untuk publikasi tulisan?
Tulisan harus dipublikasikan di media cetak atau online nasional atau daerah bagi peserta kategori wartawan, atau blog bagi peserta kategori umum dalam periode: 23 Agustus – 31 Desember 2017. Ini merupakan publikasi pertama.

Berapa banyak tulisan yang bisa diunggah?
Anda diperbolehkan untuk mengunggah tulisan sebanyak-banyaknya.

Bagaimana saya mengetahui pemenang Anugerah Pewarta Astra 2017?
Nominator yang terpilih dari setiap kategori akan dihubungi oleh panitia. Pengumuman pemenang akan dipublikasikan pada 1 Februari 2018 di website www.satu-indonesia.com.

Apa yang harus saya lakukan jika saya terus mengalami masalah mengunggah data atau tulisan?
Cobalah membaca petunjuk pada bagian Syarat dan Ketentuan atau di halaman Tanya Jawab. Jika Anda tidak dapat menyelesaikan masalah setelah membaca petunjuk, Anda dapat hubungi kami dengan subject: Tanya Anugerah Pewarta Astra 2017.

Hadiah apa yang dapat dimenangkan?
Peserta kategori Wartawan
Juara I : 1 Astra Daihatsu Ayla M AT
Juara II :1 New Honda CBR 150R
Juara III :1 Fujifilm X-A10
Juara Harapan 1 & 2 :@ 1 Samsung Gear 360 2017
Juara Favorit untuk 10 orang :@ 1 Xiaomi Redmi 4X
 
Peserta kategori Umum
Juara I : 1 Astra Daihatsu Ayla M AT
Juara II :1 New Honda CBR 150R
Juara III :1 Fujifilm X-A10
Juara Harapan 1 & 2 :@ 1 Samsung Gear 360 2017
Juara Favorit untuk 10 orang :@ 1 Xiaomi Redmi 4X