Masa unggah telah berakhir.
Terima kasih kepada pada peserta yang telah mengirimkan karya terbaiknya!

Tanya Jawab
Anugerah Pewarta Astra 2023

Anugerah Pewarta Astra adalah sebuah program dalam upaya mengapresiasi hasil karya tulis, baik dari kalangan wartawan maupun umum. Astra mengadakan Anugerah Pewarta Astra pada tahun 2023 untuk berbagi kisah positif kepada masyarakat melalui tema "Semangat Untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia".
Astra mengajak setiap anak bangsa untuk menebar inspirasi kepada masyarakat melalui Anugerah Pewarta Astra 2023 dengan tema "Semangat Untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia" yang menceritakan kisah inspiratif dari para penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards, penggerak Kampung Berseri Astra, atau penggerak Desa Sejahtera Astra yang mengambarkan semangat untuk kebangkitan Indonesia.

Astra mengajak seluruh peserta untuk menggali cerita inspiratif yang mengisahkan harapan, optimisme, dan ajakan untuk bangkit bersama-sama dari 493 penerima SATU Indonesia Awards (81 penerima tingkat nasional dan 412 penerima tingkat provinsi) dan tokoh penggerak di 133 Kampung Berseri Astra atau 930 Desa Sejahtera Astra yang tersebar di seluruh Indonesia dalam menghadapi tantangan disekitarnya.
Lomba ini gratis dan terbuka bagi semua Warga Negara Indonesia (WNI). Peserta dibagi ke dalam dua kategori yaitu, wartawan dan umum. Untuk kategori wartawan, peserta adalah Anda yang bekerja di media massa nasional atau lokal di seluruh Indonesia, baik cetak maupun online, dengan menyertakan foto kartu pers. Untuk kategori umum, peserta adalah Anda yang memiliki blog aktif dengan jumlah ≥ 10 artikel yang sudah terbit atau telah menulis ≥ 10 artikel di platform blog umum. Peserta hanya diperbolehkan mengikuti 1 (satu) kategori lomba.
Anda dapat berpartisipasi dengan cara mendaftarkan diri sebagai anggota situs Anugerah Pewarta Astra lalu mengunggah artikel karya Anda sendiri melalui fitur unggah.
Untuk berpartisipasi dalam Anugerah Pewarta Astra, Anda tidak dikenakan biaya apapun.
Setelah Anda memiliki akun satu-indonesia.com dan kemudian menekan tombol "Masuk" di microsite Anugerah Pewarta Astra, Anda akan mengisi kelengkapan data lomba, maka tulisan "Selamat! Anda berhasil mendaftarkan diri Anda” akan ditampilkan, dan Anda juga akan menerima verifikasi dari Anugerah Pewarta Astra melalui e-mail.
Jika Anda tidak menemukannya pada inbox e-mail, silakan cek pada folder spam email Anda. Jika belum menerima juga silakan tunggu sampai 1x24 jam untuk email tersebut sampai. Jika setelah 1x24 jam belum menerima juga silakan kirim ulang e-mail verifikasi melalui halaman verifikasi atau hubungi kami di sini.
Anda dapat mengunggah setelah berhasil masuk akun Anda. Setelah Anda berhasil masuk, tombol "Unggah" akan muncul di profil Anda pada bagian atas, lalu Anda dapat mengunggah artikel Anda di halaman itu.
Selain sesuai dengan tema "Semangat Untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia", artikel tidak mengandung unsur kekerasan, politik, pornografi, penghinaan ataupun pelecehan terhadap SARA. Artikel juga diharapkan dapat berimbang (cover both sides).
Artikel harus dipublikasikan di media cetak atau online nasional/daerah bagi peserta kategori wartawan, atau blog bagi peserta kategori umum dalam periode: 6 Juni – 6 November 2023. Ini merupakan publikasi pertama.
Anda diperbolehkan untuk mengunggah artikel sebanyak-banyaknya.
Nominator yang terpilih dari setiap kategori akan dihubungi oleh panitia. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada bulan Januari 2023 di channel YouTube SATU Indonesia dan website www.satu-indonesia.com.
Cobalah membaca petunjuk pada bagian Syarat dan Ketentuan atau di halaman Tanya Jawab. Jika Anda tidak dapat menyelesaikan masalah setelah membaca petunjuk, Anda dapat hubungi kami dengan subject: Tanya Anugerah Pewarta Astra 2023.
Peserta kategori Wartawan
Juara I : 1 Honda CBR250RR
Juara II :1 Honda CB150X
Juara III :1 Honda Vario 125 CBS-ISS
Juara Harapan untuk 3 orang :@ 1 Sony ZV1F Vlogging Camera
Juara Favorit untuk 15 orang :@ 1 Headphones Jabra Elite 45H
Hadiah Hiburan Bulanan :@ 1 Casio G-Shock Smartwatch
 
Peserta kategori Umum
Juara I : 1 Honda CBR250RR
Juara II :1 Honda CB150X
Juara III :1 Honda Vario 125 CBS-ISS
Juara Harapan untuk 3 orang :@ 1 Sony ZV1F Vlogging Camera
Juara Favorit untuk 15 orang :@ 1 Headphones Jabra Elite 45H
Hadiah Hiburan Bulanan :@ 1 Casio G-Shock Smartwatch

*)Warna hadiah dapat berubah tergantung ketersediaan barang.